Senin, 08 Oktober 2012

Our Generation

Kebaktian DNA, 23 Juni 2012 oleh kak Chris

Bacaan awal : Ibrani 11:7

Kita sebagai generasi muda punya tuntutan : yaitu membawa dampak

Namun dampak apa? bagaimana caranya? dalam bentuk apa?

Banyak yang salah mengartikan definisi 'dampak' ini sehingga dalam mewujudkannya menggunakan cara yang salah sehingga berakhir sesat.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Lady Gaga pun membawa dampak di dunia musik modern, tapi apakah dampak tersebut baik dan bermanfaat bagi kemuliaan Tuhan?

Merujuk pada 1 Korintus 10:23, dan Roma 14:19,
sebenarnya semua hal diperbolehkan Allah (untuk dilakukan)

TAPI

Apakah berguna?
Apakah berdampak baik?

Membaca kisah Daud dan Goliath di 1 Samuel 17-20, kita melihat banyak orang-orang yang hanya bertahan di comfort zone seperti tentara Israel yang hanya berani bertahan di garis aman (perbatasan Goliath dan tentara Israel). Namun Daud berani keluar dari 'comfort zone' tersebut dan mengalahkan apa yang ada di luarnya.

Untuk bisa menjadi seperti Daud yang berani menentang masalah diluar zona nyaman kita, ada 3 hal yang harus dilakukan :
1. Kita harus mengenal Tuhan kita
Ketika Saul ragu untuk mengijinkannya maju berperang, Daud dengan percaya diri berkata ia punya Tuhan yang hidup yang akan mendampinginya untuk menang. Kita juga harus percaya akan hal ini.

2. Kita harus mengenal diri sendiri
Daud tahu potensi dirinya. Ia sadar ia seorang gembala yang tidak terlatih sebagai seorang tentara, namun punya kemampuan untuk "menghajar beruang dan memukul singa". Sehingga ia tidak mau dilatih untuk berperang seperti tentara lainnya.

3. Kita harus mengenali SENJATA kita
Daud menolak baju perang dan pedang yang diberikan Saul, dan sebaliknya malah memilih menggunakan ketapel dan batu kali. Generasi kita tidak sama seperti generasi sebelum kita. Kita harus mengenali senjata apa yang cocok untuk waktu kita dan diri kita sendiri.
contoh nyata : kebaktian youth berbeda dengan kebaktian umum karena generasi muda lebih enerjik dan meluap sehingga pilihan lagunya disesuaikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar