Senin, 22 Oktober 2012

Menjadi Dewasa


Kebaktian DNA, 20 Oktober 2012 oleh Kak Sammy

Sebagai generasi muda yang berdiri dalam Tuhan kita harus memberi dampak pada dunia ini, strateginya adalah dengan bekerja cepat. Namun untuk bisa bekerja dengan cepat DAN BENAR, kita harus menjadi anak Tuhan yang dewasa dahulu. Pada kesempatan kali ini akan diajarkan 4 hal yang harus diperhatikan untuk tumbuh dewasa.

1. Perhatikan respon terhadap didikan. Melihat Amsal 1 : 7, segala pengetahuan yang kita dapat harus dimulai dari Tuhan. Tentu kita sebagai  percaya bahwa Allah sumber kerahiman dan maha pencipta, sehingga pengetahuan yang menentang otoritas TUhan hendaknya kita anggap salah.

2. Memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Di Yesaya 55 : 2-3 kita diberikan menu sehat untuk perkembangan rohani kita. Sama seperti jasmani, rohani kitapun memerlukan asupan nutrisi yang tepat dan cukup untuk bertumbuh. Satu hal yang harus kita ingat adalah bahwa pertumbuhan memang tidak selalu kelihatan atau bisa dikuru, tapi akan ada satu poin tertentu dalam kehidupan kita saat kita menengok ke belakang dan sadar bahwa diri kita sekarang berbeda dengan yang dulu. Makanan selalu mempengaruhi pertumbuhan dan KEKUATAN (untuk secara aktif memerangi godaan). Selain itu, dalam memilih makanan tentunya kita mau yang fresh. Dan makanan rohani yg fresh datangnya hanya dari Tuhan.

3. Perhatikan rutinitas . Merujuk pada Hosea 8:7, yang bisa disamakan dengan pepatah “apa yang kamu tabur, apa yang kamu tuai”. Berhati-hatilah dengan apa yang kamu kerjakan secara rutin sehari-hari karena bisa mempengaruhi cara pikir kamu. Cara menghargai kasih karunia adalah dengan cara hidup didalamnya secara sungguh-sungguh. Segala sesuatu yang berhubugnan dengan KEKUATAN, dimulai dari repetisi. Semua atlit yang kuat berlatih secara rutin dan BERTAHAP dalam latihannya, bukannya hanya latihan setiap akhir pekan namun dengan beban besar, namun dibagi-bagi jadwalnya sesuai dengan kemampuan yang bisa dilakukan. Dalam merenungkan firman Tuhan kita juga harus demikian. Saat teduh rutin setiap hari tidak perlu berlama-lama, tapi jangan menumpukkan jadwal sate di akhir minggu dengan membaca  1 bagian besar dari Alkitab.

4. Ruang kita bertumbuh. Besarnya pohon yang ditanam juga tergantung seberapa besar media/tempat yang kamu gunakan untuk menanam pohon tersebut. Ingat pada 1 Korintus 15 : 33, pilihlah mana tempat bertumbuhmu yang dapat mendukung kamu. Komunitas yang baik antara lain mendukung perkembangan (baik sekuler maupun rohani) dari anggotanya, siap memberi perhatian dalam kesulitan anggotanya, dan tentunya standing in God.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar